Cara Download Youtube

YouTube merupakan situs menonton video dengan pengguna terbanyak di dunia dan sampai detik ini, eksistensi web ini makin digilai oleh generasi millenial karena kemudahannya dalam mengakses video maupun berita yang sedang viral.

Kalau dulu YouTube hanyalah tempat ngeksis bagi para orang terkenal atau artis papan atas, sekarang semua orang bisa berpartisipasi di dalamnya.

Maka dari itu, jangan heran apabila pengunduh video dari situs ini makin membludak jumlahnya.

Beberapa orang bahkan menemukan cara bagaimana mendownload video YouTube di Android agar bisa dilihat meski berada di tempat umum dan nggak perlu repot lagi buka PC.

Cara download youtube di Android


Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih mengunduh video di YouTube menggunakan smartphone Android adalah karena bisa dilihat saat berada di tengah-tengah keramaian dan bisa dibagikan ke teman atau keluarga melalui media online tanpa harus ribet membuka laptop.

Kalau dulu kita biasa mendownload video dari YouTube melalui PC/laptop, sekarang dari Android pun juga mampu dilakukan, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi sekali pun.

Untuk mendownload video dari YouTube tanpa aplikasi, kamu bisa menambahkan ‘ss’ ke url yang kamu buka.

  1. Pertama kamu buka YouTube lalu klik bagikan.
  2. Nah, pada pilihan dibagikan itu kamu pasti akan diperintahkan untuk ngeshare video ke BBM, WhatsApp atau yang lainnya bukan? Tapi, kamu cukup pilih saja opsi ‘salin URL’ atau artinya kamu sudah meng-copy URL-nya.
  3. Nah, setelah di-copy, kamu buka home page Google Chrome lagi dan paste alamat URL tadi di kolom pencarian (address URL).
  4. Setelah itu, tambahkan ‘ss’ di URLnya. Contoh m.youtube.com, maka ganti dengan ssyoutube.com.
  5. Terakhir, akan muncul pilihan download atau unduh, kamu bisa mengkliknya dan video pun tersimpan secara otomatis.

Cara download youtube ke galeri


Selain tanpa aplikasi, kita bisa mendownload video dari YouTube menggunakan Andorid dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang tersedia.

Untuk Android kamu bisa menggunakan aplikasi YouTube Downloader bernama Dentex YouTube Downloader. Caranya pun cukup mudah, yakni:

  1. Ketik di mesin pencarian ‘Dentex YouTube Downloader’
  2. Setelah ketemu, instal aplikasi sampai selesai
  3. Buka YouTube lalu pilih opsi share atau bagikan. Nanti setelah itu kamu bakal diarahkan mau dibagikan ke mana. Nah, dari berbagai media yang tersedia, kamu klik deh YouTube Downloader.
  4. Tentukan kualitas video yang mau diunduh dan pastikan kuota mencukupi saat proses download.
  5. Setelah semua diatur sedemikian rupa, barulah klik ‘Download here’ atau yang berarti ‘Download di sini’. Nantinya video akan terunduh secara otomatis dan tersimpan.

Selain Dentex, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi TubeMate sebagai alternatif kalau Dentex dirasa agak berat. Caranya pun tidak berbeda jauh yakni:

  1. Donwload TubeMate melalui situs resminya. Kamu bisa mengetik ‘download TubeMate’ di mesin pencarian Google, maka akan otomatis keluar. Nah, setelah ketemu situsnya langsung saja unduh untuk Android.
  2. Instal TubeMate sampai selesai lalu buka aplikasi tersebut.
  3. Nantinya kamu akan mendapat penjelasan singkat tentang dasar download video dari YouTube,tapi kamu bisa langsung ketik judul video di mesin pencarian YouTube lalu pilih go dan hasil pun akan keluar.
  4. Setelah itu klikopsi bewarna hijau yang berada di pojok kanan atas, lalu proses download itu pun akan berlangsung dengan sendirinya.
  5. Setelah selesai mengunduh, kamu bisa melihat videonya di daftar download atau list download dan menontonnya.

Saat mendownload video dari YouTube melalui Android, pastikan memori masih banyak yang tersisa dan jaringan internet berjalan lancar, sehingga tidak membuatmu kesal saat di tengah-tengah proses mengunduh.

Leave a Comment