Cara Membuat Masker Kefir untuk Menjaga Kesehatan Wajah Kamu

Kecantikan dan kesehatan wajah tentu saja harus selalu diperhatikan. Bukan hanya menggunakan jenis make-up tertentu saja yang perlu jadi perhatian. Kamu juga butuh menrawat kesehatan kulit wajah agar selalu cerah, sehat, dan indah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker wajah dari bahan alami.

Kamu tentu nggak mau kan pakai masker yang berbahan kimia buat wajahmu? Untuk itu, lebih baik kita menggunakan masker alami, seperti masker kefir misalnya.

Seperti namanya, masker kefir ini terbuat dari susu kambing yang difermentasi. Mirip-mirip kayak yoghurt gitu tekstur, bentuk, dan cara membuatnya.

Manfaatnya buat kulit pun sangat baik, nutrisinya lebih mudah diserap kulit sehingga lebih ampuh. Yah, walaupun menggunakan bahan alami itu khasiatnya nggak langsung terasa lho ya. Tapi, kalau kamu rutin pakai masker kefir ini, wajah akan terasa lebih sehat dan berseri.

Cara Membuat Masker Kefir

Buat kamu yang sering menggunakan masker kefir dan pengen bikin sendiri, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Peralatan tempur
annabawiy.wordpress.com

Kamu perlu menyiapakan terlebih dahulu susu murni sebanyak 1 liter dan 50 gram bibit kefir. Untuk bibit kefir ini, kamu bisa mencarinya di toko atau pasar yang harganya antara 100-120 ribu.

Susu murni pun kamu bisa mencarinya di peternak, susu kambing tentu lebih baik. Saat ini sudah banyak kok yang jual susu kambing baik itu murni atau bubuk.

Lalu siapkan juga toples kaca, kain, spatula, dan juga saringan buat bikin kefir. Eh, ada yang ketinggalan, kamu juga harus memiliki freezer untuk menyimpan kefir yang sudah jadi.

2. Pembuatan Kefir

Kefir
alatpresplastik.com

Nah, sekarang kita memasuki langkah untuk membuat kefir. Terlebih dahulu, siapkan alat yang dibutuhkan, lalu sterilkan, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal dalam wadah ataupun alat yang kita gunakan.

Setelah semua dipastikan bersih, campur susu dan bibit kefir di dalam toples kaca, lalu aduk secara perlahan menggunakan spatula sampai semuany tercampur rata.

Kemudian tutup toples kaca menggunakan kain dan biarkan di dalam ruangan yang gelap selama 24 jam. Setelah 24 jam, buka toples dan aduk lagi, lalu tutup kembali dan diamkan selama 12-24 jam. Pengadukan ini dilakukan agar fermentasi yang terjadi pada susu menjadi lebih sempurna.

Jadi, pada langkah ini kamu jangan lupa untuk mencampur, aduk, tutup, dan kemudian tinggal menunggunya jadi.

3. Saring dan Freezer

Kefir dalam toples
annabawiy.wordpress.com

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyaring kefir yang sudah selesai difermentasi lalu mendinginkannya. Pada tahap ini, setelah 48 jam susu difermentasi, angkatlah bagian atas susu menggunakan spatula. Pisahkan bagian tersebut ke dalam wadah lainnya, lalu gunakan spatula untuk mengaduk kembali bagian bawah susu yang sudah difermentasi.

Setelah diaduk, sekarang lakukan penyaringan terhadap kefir. Saring kefir dengan perlahan sambil masukkan ke dalam wadah yang bersih. Setelah semua tersaring, tutup wadahnya dan masukkan ke dalam freezer. Kamu sudah bisa mengguankan kefir buatan sendiri deh. Selain dipakai sendiri, tentu saja kamu bisa menjualnya buat tambah-tambah pemasukan keluarga.

Gimana? Gampang kan bikin kefir sendiri? Kamu nggak perlu repot-repot nunggu pesanan kefir kamu sampai atau harus jauh-jauh keluar rumah buat beli masker kefir. Selain itu, kamu bisa berhemat, kan masker kefir itu terkenal mahal harganya.

Udah, jangan kebanyakan mikir lagi, langsung siapkan peralatan yang diperlukan, beli susu yang segar, lalu buat sendiri deh masker kefirnya. Setelah jadi, tinggal dipakai atau bisa dijual lagi 🙂

Leave a Comment