Cara Merawat Anak Kucing Persia yang Baru Lahir

CARA MERAWAT ANAK KUCING – Kucing Persia memang selalu menarik perhatian, baik tingkah lucunya maupun rambutnya yang indah. Jika Anda beruntung ditakdirkan untuk memilikinya, Anda harus tahu cara merawat anak kucing begitu sang induk melahirkan.

Hal ini dikarenakan tidak semua induk kucing yang baru saja melahirkan mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri maupun kebutuhan untuk anaknya. Jika sang induk masih dalam masa pemulihan, tidak ada salahnya untuk Anda membantu merawat anaknya.

Apalagi keindahan fisik membuat kucing Persia hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Jadi, Anda harus merawat kucing Persia ini dengan baik. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat anak kucing Persia yang baru lahir, di antaranya yaitu sebagai berikut.

[toc]

Jaga Kebersihan Tubuhnya

cara merawat anak kucing
pixabay.com

Cara pertama yang bisa Anda lakukan pada anak kucing Persia adalah menjaga kebersihan tubuhnya. Misal, ikut memberi perawatan pada tali pusarnya atau sisa plasenta. Tidak sulit, cukup beri obat antiseptik seperti betadin agar infeksi akibat dihinggapi lalat bisa dicegah.

Saat melakukan perawatan pada anaknya, sebaiknya gunakan sarung tangan dan tidak kontak langsung pada tubuhnya. Dengan begitu, aroma Anda tidak akan tertinggal pada bayi kucing yang bisa membuat sang induk enggan untuk merawat anaknya.

Kemudian, Anda juga perlu melihat proses pemulihan yang dialami oleh induknya. Induk kucing Persia yang baru lahir biasanya sudah bisa meninggalkan tempatnya melahirkan setelah 6 jam. Hal ini pun sang induk lakukan untuk memenuhi kebutuhan anaknya.

Selain tubuhnya, jaga juga kebersihan kandang atau lingkungan tempat tidurnya. Sediakan litter tray atau box sebagai tempat anak kucing Persia Anda buang air. Isi dengan pasir khusus kucing dan beri alas plastik untuk memudahkan Anda membersihkannya.

Bantu Kebutuhan Induk dan Anak Kucing

cara merawat anak kucing
pixabay.com

Cara merawat anak kucing yang berikutnya yaitu dengan membantu kebutuhan induk dan anak kucing Persia. Meski 6 jam pasca melahirkan sang induk sudah bisa meninggalkan kandangnya, bukan berarti dia sudah benar-benar pulih.

Induk kucing Persia sedang berusaha mencari makanan untuknya sehingga mendorong kuantitas produksi ASI untuk anak-anaknya. Jika sang induk tidak memberi ASI pertama yang mengandung kolostrum, beri dia susu khusus bayi kucing atau bayi manusia.

Kemudian, beri kain bekas yang banyak untuk tempat istirahat induk dan anak kucing Persia sehingga suhu kandang tetap hangat dan tidak lembab. Sangat penting juga untuk Anda memberi tempat tinggal yang nyaman dan aman dari gangguan pemangsa.

Latih Kemampuan Motoriknya

cara merawat anak kucing
pixabay.com

Anak kucing Persia yang baru lahir butuh tempat tinggal yang luas, apalagi jika sang induk langsung melahirkan banyak anak. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan anak kucing Persia yang sedang lincah dan aktif-aktifnya bermain.

Sediakan bola kecil untuk merangsang kemampuan motoriknya seperti merespon dan langsung aktif memainkan bola yang Anda berikan tersebut. Dengan adanya fasilitas bermain yang cukup sederhana ini, maka kontraksi otot dan syarafnya pun bisa ikut terlatih.

Jangan lupa untuk memberi mereka suplemen dan vitamin untuk melengkapi asupan gizinya. Konsultasikan pula dengan dokter hewan terkait cara memberi pertolongan pertama untuk menangani anak kucing Persia yang sakit, termasuk jadwal pemberian vaksin.

Cara merawat anak kucing Persia memang membutuhkan ketelatenan yang lebih daripada kucing biasa. Hal ini dikarenakan, jika sakit sedikit saja, maka kondisi fisiknya bisa berubah. Tanda-tandanya bisa Anda lihat dari rambut yang rontok dan tubuh yang kurus.

Leave a Comment