Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner

Makanan Khas Cirebon – Siapa dari Anda yang suka sekali kuliner atau makanan khas Cirebon? Kuliner Cirebon memiliki banyak sekali peminat yang membuatnya sudah mudah didapatkan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan tentunya Bandung. Kuliner ini terbukti sesuai dengan lidah banyak orang di Indonesia.

Banyak sekali kuliner yang harus dicicipi oleh para pecintanya.Sebut saja seperti empal gentong ataupun nasi jamblang, tentu memiliki rasa khas masing-masing dari bumbu yang diberikan.Berikut ini beberapa makanan khas yang mungkin belum Anda coba.

1. Nasi Lengko, Makanan Khas Cirebon Yang Mirip Dengan Pecel

nasi lengko cirebon
wisatagucitegal.com

Anda mungkin pernah mendengar tentang nasi jamblang, namun nasi lengko juga tidak kalah lezatnya. Apabila Anda sudah pernah melihat nasi pecel, mungkin Anda akan berpendapat bahwa nasi lengko sama dengan nasi pecel.
Nasi lengko yang merupakan makanan khas Cirebon, memang sering dipadukan dengan tauge, timun, daun bawang, dan tentunya irisan tempe dan tahu.

Bumbu kacang yang ada di nasi lengkolah yang menjadi idaman, karena memiliki rasa pedas yang sangat khas.
Nasi lengko juga memiliki bau yang harum karena ditaburi dengan irisan daun kucai yang dapat menggugah selera makan Anda.

2. Empal Asam, Makanan Khas Cirebon Yang Berbeda Dengan Empal Gentong

Empal asam memang memiliki nama yang serupa dengan empal gentong yang sudah banyak dijual di daerah selain Cirebon. Namun tahukah Anda?Ternyata makanan khas Cirebon empal asam ini memiliki rasa yang sangat jauh berbeda.

Empal asam memiliki rasa yang gurih dan segar. Kuah empal asam disajikan dengan warna kuning yang tidak terlalu kental seperti empal gentong.

Bahan utama dari empal asam adalah belimbing wuluh yang tentunya sangat lembut ketika disantap di dalam kuliner ini.

Empal asam juga memiliki isian pokok mulai dari daging, jeroan, atau bahkan ayam. Anda dapat memilih mana isian yang Anda suka untuk disantap saat lapar.

3. Mengunjungi Cirebon, Wajib Coba Makanan Khas Cirebon Nasi Jamblang

Nasi Jamblang cirebon
garnesia.com

Nasi jamblang adalah salah satu ikon makanan khas Cirebon yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun sederhana, namun makanan ini sukses membuat nafsu makan pecinta kuliner akan tergugah. Apalagi jika Anda membelinya di tempat yang tepat.

Nasi jamblang sebenarnya hampir sama dengan nasi liwet yang ada di Solo dan sekitarnya. Hanya saja perbedaanya adalah pembungkusnya menggunakan daun jati yang mengeluarkan aroma khas pada nasi tersebut.

Nasi jamblang juga dikenal dengan nasi jampang. Kuliner ini termasuk salah satu kuliner dengan harga yang murah di Cirebon.

Banyak sekali makanan pendamping dari nasi jamblang mulai dari perkedel, hati ayam, hingga cumi hitam atau paru goreng. Pastinya tidak cukup bagi Anda hanya memakan satu nasi saja.

4. Bubur Sop Ayam, Keunikan Makanan Khas Cirebon

Makanan yang satu inilah yang mungkin belum pernah Anda coba di daerah lain. Nama dari makanan khas Cirebon juga terdengar asing karena akan sangat jarang perpaduan bubur dan sop ayam disantap secara bersama. Namun Anda wajib mencobanya ketika berkunjung ke Cirebon.

Perbedaan signifikan antara bubur biasa dengan bubur sop ayam ini adalah waktu penjualan. Biasanya bubur ayam dijual pada pagi hari, sedangkan bubur sop ayam sangatlah cocok apabila disantap di malam hari.
Bubur ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu kenyang ketika makan.

Seperti biasa, kuah yang khas disiramkan pada bubur dan diberikan taburan sayur dan ayam yang membuat bubur semakin lezat untuk disantap.

Leave a Comment