Datang Bulan Tidak Teratur? Inilah Penyebab Telat Bulan yang perlu Anda Ketahui

Penyebab telat bulan – Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Biasanya par wanita telah menandai sendiri siklus tersebut sehingga mereka tahu kapan akan mengalami menstruasi pada bulan berikutnya.

Para wanita biasanya panik jika terlambat menstruasiatau melenceng dari siklus sebelumnya. Namun, wanita yang terlambat datang bulan belum tentu karena kehamilan. Hal yang lebih mengkhawatirkan yaitu jika siklus datang bulan tidak teratur dan dianggap tidak normal.

Jika telat datang bulan itu terjadi pada satu bulan maka masih dianggap wajar. Namun, apabila mencapai berbulan-bulan, maka hal tersebut perlu dicari penyebabnya. Berikut akan dibahas mengenai penyebab telat bulan yang terjadi pada wanita.

1. Berat badan terlalu rendah

penyebab telat bulan
daherba.com

Penyebab telat bulan bisa dikarenakan berat badan Anda yang terlalu rendah akibat mengalami penurunan drastis. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang mengalami gangguan makan seperti masalah anoreksia maupun bulimia.

Lalu apa pengaruhnya? Jika berat badan Anda mengalami penurunan dan kurang dari berat badan ideal, maka proses ovulasi akan terganggu dan bahkan terhenti. Hal inilah yang menyebabkan wanita mengalami telat datang bulan.

Hormon yang membantu wanita dalam proses ovulasi adalah estrogen. Estrogen banyak tersimpan di area pinggul atau pinggang yang mengandung banyak lemak. Jika berat badan Anda menurun maka langsung berpengaruh terhadap siklus menstruasi.

Anda dapat menaikkan berat badan dan memperbaiki pola makan agar berat badan kembali normal serta ideal. Hal ini berguna untuk mengembalikan terjadinya siklus menstruasi yang normal.

Anda dapat mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan serta mengurangi makanan cepat saji atau junk food untuk memperbaiki pola makan yang sehat.

2. Tanda awal kehamilan

Penyebab telat bulan satu ini tentu sudah menjadi rahasia umum dan diketahui oleh banyak orang. Ketika wanita mengalami telat datang bulan, maka asumsi pertama yang muncul adalah adanya tanda awal kehamilan.

Bagi Anda pasangan muda atau yang belum memiliki keturunan, tentu kabar jika pasangannya mengalami telat datang bulan merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Bahkan bisa jadi hal tersebut adalah momen yang ditunggu-tunggu.

Ciri-ciri awal seseorang yang tengah hamil adalah telat menstruasi. Anda dapat memastikan hal tersebut dengan menggunakan test pack atau mengecek secara langsung ke dokter kandungan.

3. Olahraga berlebihan

penyebab telat bulan
arbamedia.com

Tahukah Anda jika olahraga yang berlebihan menjadi penyebab telat bulan? Jika Anda melakukan olahraga secara berlebihan dan cukup ekstrem, hal itu dapat memperlambat proses menstruasi sehingga siklus datang bulan menjadi tidak normal.

Aktivitas fisik seperti olahraga yang berlebihan ini dapat memicu stres dan pada akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon wanita. Selain itu, olahraga berlebihan juga bisa membuat berat badan menjadi turun dan tidak ideal seperti sebelumnya.

Kedua hal itulah yang dapat menyebabkan siklus menstruasi pada wanita menjadi tidak lancar sehingga kerap telat datang bulan. Olahraga memang penting, namun Anda dapat melakukannya secara bijak sesuai kebutuhan saja agar badan tetap sehat dan bugar.

4. Stres

Penyebab telat bulan lainnya adalah stres. Hal ini berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon yang disebabkan akibat stres. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Ketika wanita mengalami stres sehingga merasa tertekan atau terancam, maka akan menimbulkan hormon kortisol serta adrenalin yang mengganggu masalah keseimbangan hormon. Stres juga dapat mengurangi jumlah hormon GnRH.

Ketika hormon tidak seimbang maka bisa menyebabkan proses ovulasi terganggu, akibatnya seseorang bisa mengalami telat bulan.

Leave a Comment