Wisata Sejarah Di Museum Geologi Kota Bandung

Pernahkah sobat semua mendengar kata museum? Apakah yang terlintas dalam benak atau pikiran mengenai kata tersebut? pada dasarnya, pengertian secara umum dari kata museum adalah sebuah tempat untuk meletakkan benda – benda yang mengandung nilai sejarah. Maksud kata sejarah dalam kalimat tersebut yakni benda – benda atau barang tadi memiliki sebuah cerita yang perlu untuk diingat. Oleh karena itulah, benda – benda yang mengandung sejarah tadi disimpan pada sebuah tempat dengan nama museum. Di Negara Kesatuan Republik Indonesia telah berdiri banyak museum. Salah museum tersebut ada di daerah Bandung, Jawa barat. Nama dari tempat penyimpan benda yang mengandung cerita ini dikenal dengan sebutan museum geologi Bandung.

Bandung termasuk sebuah kota besar yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Daerah ini sangat populer bagi penduduk Jawa Barat. Bahkan, Kota Bandung ini juga menjadi salah satu daerah dengan tingkat keramaian tinggi di Pulau Jawa. Maka dari itu semua, banyak orang yang langsung mengetahui bahwa Bandung adalah kota yang tergolong ramai di Provinsi Jawa Barat.

Belajar Sejarah Di Museum Geologi Bandung

Sebagai salah satu kota besar di tanah jawa, banyak bermunculan berbagai tempat wisata di daerah Bandung. Destinasi wisata Bandung ini mampu menarik para pelancong baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke kota kembang tersebut. ini semua dapat terjadi lantaran berbagai macam jenis obyek wisata yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat memang memiliki daya tarik tersendiri. dengan ada daya tarik inilah, maka tidak mengherankan jika dalam setiap harinya berbagai tempat rekreasi bandung selalu ramai pengunjung.

Dari sekian destinasi wisata yang ditawarkan oleh kota kembang, terdapat sebuah tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi. Nama dari obyek wisata ini adalah museum geologi Bandung. Tempat rekreasi tersebut sudah sangat populer bagi warga Jawa Barat. Museum geologi di kota kembang ini memiliki daya tarik tersendiri. Sisi menarik dari tempat rekreasi ini terletak pada sisi history atau sejarahnya.

Museum geologi Bandung ini berdiri pada tanggal 16 Mei 1928. Tempat bersejarah yang ada di Kota Bandung berarti di bangun pada masa penjajahan belanda. Gedung yang sekarang dikenal dengan museum geologi ini telah mengalami renovasi atau perbaikan pada masa pemerintahan Jepang. Kemudian secara resmi, wisata museum geologi tersebut diresmikan ada tahun 2000 oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri.

Obyek wisata sejarah museum geologi bandung ini sering menjadi tujuan study tour oleh sekolah – sekolah yang ada di Provinsi Jawa Barat dan sekitarnya. Para peserta didik tersebut menyaksikan berbagai macam benda yang mengandung history atau nilai sejarah. Mereka dapat mencatat berbagai keterangan tentang benda – benda bersejarah yang ada di museum ini. Dengan adanya museum geologi di Kota Bandung ini, maka membantu masyarakat dalam mengetahui tentang berbagai macam benda sejarah kegeologian.

Ketika menginjakkan kaki di museum ini, maka pengunjung akan disuguhi dengan berbagai benda lama mengenai planet bumi. Pada lantai pertama gedung geologi bandung, wisatawan dapat menyaksikan berbagai macam benda sejarah yang berkaitan dengan bumi, seperti terbentuknya bumi, berbagai macam fosil makhluk hidup dan lain sebagainya. Untuk lantai duanya, pengunjung dapat mempelajari mengenai sumber daya alam, berbagai macam batuan dan lain sebagainya.

Lokasi Museum Geologi Bandung

Untuk lokasi atau tempat gedung museum geologi bandung sangat mudah untuk dijangkau. Lebih tepatnya, bangunan bersejarah ini berada di Jalan Diponegoro, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Museum geologi di kota kembang tersebut buka pada pukul 09.00 – 13.30 untuk hari Senin sampai Kamis dan pukul 09.00 – 13.30 pada hari Sabtu sampai Minggu.

Leave a Comment